Update Harga Domba Texel dan Update Texel Super Terbaru di sukabumi

Berapa harga domba Texel tahun ini? Nama domba ini diambil dari tempat asalnya, Pulau Texel yang terletak di Provinsi Noord Holland, Belanda. Daging domba Texel terkenal unggul di seluruh dunia karena sangat ramping.

 

Genetika domba texel sendiri mempunyai otot yang sangat kuat, badan yang besar dan berat, serta mempunyai bulu yang berwarna putih keabu-abuan. Domba texel terdapat hampir disetiap negara, termasuk Indonesia.

 

Wol domba hampir identik dengan wol Merino. Perbedaan domba Texel dan Merino justru terletak pada bulunya. Texel memang memiliki wol, tetapi hanya menutupi badan, tidak termasuk wajah dan kaki.

 

Domba ini berbeda dengan Merino karena memiliki bulu yang tebal dan panjang menutupi seluruh anggota tubuhnya. Bahkan rambut di wajah dan kaki pun tumbuh, menjadikan Merino produsen kain wol paling produktif di dunia.

 

Berapa harga domba Texel saat ini? Sebelum kita membahas harganya, mari kita pelajari dulu sejarah Texel sebagai daging domba potong yang populer di Indonesia.

 

Sejarah dan Harga Domba Texel di Indonesia

 

Sebaran domba Texel pada abad ke-18 telah mencapai lebih dari 35 negara di dunia, termasuk di benua Eropa, Amerika, dan Oceania. Negara-negara ini mengalami peningkatan populasi kawanan ternak Texel. Hal ini disebabkan kemampuan beradaptasi dan daya tahan Texel yang sangat baik.

 

Texel juga diperkenalkan ke Indonesia oleh Belanda pada tahun 1970an. Pembangunan awalnya berpusat di Jawa Barat, kemudian menyebar hampir ke seluruh Pulau Jawa.

 

Domba Texel memiliki banyak potensi. Selain dagingnya yang rendah lemak, bulunya juga bisa digunakan untuk membuat tekstil. Domba Texel tidak seproduktif domba Merino sehingga berdampak lebih besar terhadap perekonomian suatu negara.

 

Afrika, Belanda dan Australia hingga saat ini menjadi pusat peternakan domba Texel. Oleh karena itu, Texel Indonesia menjadi mayoritas di negara tersebut. Harga domba Texel ditentukan oleh kualitas dan ras atau keturunannya.

 

Texel super mulai 1,75 jutaan untuk wanita usia 6-7 bulan. Laki-laki dengan jenis dan usia yang sama harganya sekitar 2 juta.

 

Jangan tertipu, Texel masih merupakan investasi yang bagus. Golongan darah lengkap untuk pria dewasa bisa menghabiskan biaya hingga 60 juta dolar.

 

Double Diamond adalah domba yang memegang rekor Texel termahal. Dia adalah seorang fullblood Texel berukuran besar yang dijual pada lelang di Skotlandia pada tahun 2021 seharga 90,000 atau sekitar 7,2 miliar rupiah!

 

Ciri-ciri dan Ciri-Ciri Domba Texel di Indonesia

 

Di Indonesia, harga domba Texel (super persilangan) sangat terjangkau. Hal ini membuat jenis domba ini populer. Sedangkan untuk domba texel fullblood berpengaruh besar terhadap kualitasnya.

 

Ada baiknya mempelajari ciri-ciri dan ciri-ciri domba texel agar lebih mengenalnya. Berikut beberapa ciri umumnya.

 

Ciri-Ciri dan Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia

 

Ciri-ciri yang menonjol pada domba texel dapat Anda lihat berdasarkan bentuk fisiknya. Domba texel memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan domba penghasil wol lainnya. Selain itu, ada beberapa ciri khas yang melekat pada bodi Texel secara umum.

 

1. Badan berotot besar/besar

Tubuhnya yang besar dan berotot adalah ciri yang paling mencolok. Inilah sebabnya mengapa domba Texel termasuk yang terbaik di dunia. Texel unggul tidak hanya dalam memproduksi daging, tetapi juga wol. Berkat bodi Texel yang kekar, tekstur dagingnya tidak banyak mengandung lemak.

 

2. Wajah Domba Texel Putih

Selanjutnya tampak depan domba texel mempunyai muka yang berwarna putih bersih. Pada bagian muka domba ini umumnya tidak terdapat bulu yang panjang. Bentuk kepala Texel lebih terlihat dengan rambut pendek.

 

3. Tidak Ada Rambut di Kaki dan Kepala

Selain di kepala, bulu tidak tumbuh di keempat kaki Texel. Tampilan Texel lebih keren dibandingkan domba dan kambing lainnya. Kehadiran bulu hanya di bagian tubuh dan ekor saja yang justru membuat penampilannya semakin besar dan besar sekali.

 

Texel dewasa dapat memiliki berat hingga 160 kg. Bobot yang sangat berat ini adalah fakta bahwa Texel juga merupakan raksasa daging di antara domba. Kambing Boer merupakan kambing raksasa daging.

 

4. Telinga Pendek ke atas

Bentuk telinga menjadi ciri fisik selanjutnya. Baik Texel murah atau mahal, telinganya akan sama: pendek dan atas. Telinganya seperti menghadap ke depan Posisi n hampir horizontal.

 

5. Hidung dan Kuku Domba Texel Berwarna Hitam

Anda dapat memeriksa hidung dan kukunya lebih dekat jika mampu. Kuku kaki dan hidungnya berwarna gelap.

 

Domba Texel Indonesia

 

Dari sifat domba yang jinak, kita mendapatkan seekor merpati. Bukan galak seperti adu kambing. Sebaliknya, domba betina Texel mudah bergaul dan bersahabat dengan manusia. Sedangkan untuk domba texel jantan sedikit lebih agresif dibandingkan domba betina. Berikut ini gambaran kepribadian Texel.

 

1. Meski badannya besar, namun mudah untuk digerakkan

Ini adalah sebuah penjarahewan ger karena tubuhnya yang besar dan bulu yang menutupinya. Domba Texel dapat bergerak dengan mudah. Struktur genetik Texel sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan daging berkualitas tinggi di setiap bagian tubuhnya.

 

2. Mudah diperbanyak

Peternak dapat bersukacita karena domba betina Texel tidak memiliki anak domba, sehingga meningkatkan produktivitas. Anda dapat membeli domba betina bunting dengan harga domba Texel yang murah di gibasbarokah.com.

 

3. Pertumbuhan Sangat Cepat Melebihi Domba Broiler Lokal

Domba texel tumbuh sangat cepat, sama seperti domba potong. Persediaan pakan harus mencukupi kebutuhan pakan harian. Menurut penelitian, orang dewasa berdarah penuh Texel mengalami kenaikan berat badan antara 300 dan 600 gram per hari.

 

4. Mudah beradaptasi, daya tahan tubuh kuat, dan mudah perawatannya

Domba texel juga mudah dirawat. Domba ini mampu beradaptasi dengan kondisi ekstrim karena pernah tinggal di Pulau Texel. Daya tahan tubuh yang tinggi terhadap penyakit, kemampuan beradaptasi, dan pengobatan yang sangat baik merupakan faktor-faktornya.

 

5. Dimungkinkan untuk menjadi ramah sekaligus menjadi hewan peliharaan

Jika Anda senang bermain dengan domba atau kambing, maka Texel akan menjadi pilihan yang tepat. Kambing Kerdil mempunyai ukuran yang kecil, dan dimanfaatkan terutama sebagai kambing hias. Sedangkan Texel merupakan seekor kambing yang lucu dan menggemaskan dengan ukuran raksasa.

 

Hubungi kami untuk penawaran harga domba Texel dan jenis domba lainnya baik fullblood maupun campuran di Gibas Barokah (GB Farm Ngawi). Informasi kontak dan informasi dapat Anda temukan di website gibasbarokah.com atau media sosial kami dengan nama yang sama.

 

Cara beternak domba texel di indonesia

 

Penting untuk menggemukkan dan membesarkan domba dengan cepat saat beternak domba broiler, seperti Texel. Apakah yang penting hanya jenis dan pola pakan domba? Padahal, meski tidak hanya ditentukan dari pola dan jenis pakan, faktor-faktor tersebutlah yang paling penting.

 

Ada pula beberapa cara pemeliharaan yang berkaitan dengan perawatan, kandang dan kebersihan, serta kondisi fisik domba. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

 

1. Pastikan kandang cocok untuk penggemukan.

Kandang domba broiler, mempunyai beberapa jenis berdasarkan umurnya. Ada kandang komunal yang bisa menampung beberapa domba sekaligus, dan ada juga kandang individu yang digunakan untuk beternak. Penting untuk memperhatikan kandang agar hewan tidak stres.

 

Telah ditemukan bahwa stres dapat menyebabkan pertumbuhan domba berkurang. Faktor penyebabnya antara lain: kandang tidak nyaman, sering dilewati orang, sinar matahari tidak masuk, terlalu lembab/kering, sehingga kandang terlalu sempit.

 

2. Komposisi dan pola pakan domba yang seimbang

Pakan merupakan faktor yang sangat penting, oleh karena itu pola dan komposisinya harus tepat. Semakin banyak nutrisi yang dibutuhkan Texel, semakin besar pula. Nutrisi tersebut dapat dibedakan menjadi energi dan protein.

 

Secara umum pakan ada dua jenis yaitu pakan hijauan dan pakan konsentrat. Pakan konsentrat mengandung ampas tahu dan bungkil kelapa. Ini juga termasuk jagung, singkong, dedak padi dan dedak padi. Pakan hijaunya antara lain rumput gajah, daun pisang, lamtoro, kaliandra dan daun lamtoro.

 

Jumlahnya hanya sedikit, sekitar 1-3% dari total bobot domba. Pakan hijau (yang merupakan pakan utama) menyumbang 10 hingga 25 persen dari bobot domba.

 

Peternak bebas menambahkan pakan lain asalkan sudah diuji secara menyeluruh atau berdasarkan pengalaman sebelumnya. Hal yang sama berlaku untuk pakan fermentasi atau buatan. Mengingat mahalnya harga domba Texel, maka sangat penting untuk memperhatikan pola dan komposisi pakan di atas.

 

3. Perawatan Fisik Tubuh Domba

Berbeda dengan kambing, domba Texel memiliki bulu tebal dan berbulu di tubuhnya. Maka dari itu perawatan fisik juga perlu diberikan oleh para peternak, minimal 1 atau 2 kali dalam sebulan. Memandikan domba agar tetap bersih, membersihkan bulunya, dan memotong kukunya setiap enam bulan sekali adalah beberapa anjuran perawatannya.

 

Dengan semua

 

Jika Anda merawat tubuh domba Anda, mereka akan merasa lebih nyaman. Mereka akan siap tumbuh menjadi raksasa daging.

 

4. Pengendalian Kesehatan Domba Texel Secara Reguler

Para petani kemudian perlu memantau status kesehatan Texel. Anda sudah tahu apa yang harus dicari pada domba. Beberapa contohnya antara lain pada mata, hidung, mulut, kaki, anus, perilaku, dan gejala lainnya.

 

Pastikan mata, hidung dan mulut bersih (tidak ada lendir aneh). Keempat kaki domba harus menopang tubuhnya sehingga dapat bergerak bebas. Anda juga harus memeriksa bagian perut untuk memastikan tidak miring. Anus dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit.

 

Peternak mampu melakukan pengendalian kesehatan dengan memperhatikan tingkah laku dombanya dan mengamati apakah wajar atau tidak. Jika ada gejala lain yang tidak biasa, pisahkan dari domba lainnya. Anda dapat memindahkan domba yang sakit ke kandang isolasi khusus sebelum memeriksa lebih detail.

 

5. Berikan Suplemen dan Vitamin jika Dibutuhkan

Cara beternak domba texel selanjutnya adalah terkait dengan suplemen atau vitamin khusus. Biasanya setiap peternak mempunyai cara tersendiri dalam menjaga pertumbuhan dombanya agar tetap optimal. Gunakan suplemen pabrikan atau suplemen sayuran yang difermentasi.

 

Domba yang sakit memerlukan mpendidikan dan perawatan. Jika Anda membeli domba dari GB Farm, kami akan dengan senang hati memberi Anda petunjuk arah. Layanan ini membuktikan bahwa GB Farm Ngawi menghargai pembelian Anda.

 

Gibas Barokah Farm menawarkan harga domba Texel terendah.

 

Jika Anda tertarik dengan domba tipe Texel, maka golongan darah lengkap (100% murni asli dengan Sertifikat Peternakan Australia/Afrika) adalah pilihan terbaik. GB Farm memiliki solusi untuk jenis persilangan yang dihasilkan dengan menyilangkan domba super broiler.

 

GB Farm menyediakan berbagai layanan bagi pelanggannya. Mulailah dengan jenis domba: Dorper, Awassi Garut, Merino Suffolk dan Texel. Jenis kambingnya juga berbeda-beda (kambing Boer, kambing Anglo Nubian, kambing Alpen, kambing Pygmy, kambing Pygmy hingga kambing kurban). Peralatan yang digunakan dalam peternakan, atau untuk mengolah produk.

 

Berikut beberapa jenis dan harga domba texel berdasarkan kondisi masing-masing.

 

1. Domba Texel

GB Farm menawarkan domba Texel mulai dari 1,5 juta saja. Ini merupakan harga terendah di pasar Indonesia. Oleh karena itu, tempat ini ideal bagi peternakan yang ingin beternak atau membudidayakan domba broiler kelas dunia dari Belanda.

 

Ada dua usia yang berbeda, 6-7 dan 8-10. Texel betina ini merupakan hasil persilangan domba daging super yang terjamin kualitasnya. Informasi lebih lanjut mengenai domba ini dapat Anda lihat di sini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-betina.html).

 

2. Domba Texel Betina Hamil

Ada dua pilihan: Texel hamil dengan domba atau Texel hamil dengan domba Dorper darah penuh. Mulai 3.000.000, texel bunting domba dengan domba. Sedangkan hamil dari Dorper fullblood asli, mulai dari 5 juta.

 

Kriteria yang diperlukan untuk domba texel bunting adalah: berat badan antara 40 dan 50 kg, dua kali vaksinasi FMD, 1-3 kali laktasi, 100% sehat. Jaminan kehamilan dengan cek USG, informasi lengkap mengenai paket ini bisa langsung dicek disini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-bunting.html).

 

3. Domba Texel Persilangan

Domba jantan texel hasil persilangan merupakan produk yang cukup langka. Untuk memastikan ketersediaan stok, Anda dapat menghubungi kontak di gibasbarokah.com. Harga domba texel persilangan dewasa antara 3 sampai 5 jutaan. Cek informasi dan ketersediaan Texel jantan blasteran di sini (https://gibasbarokah.com/cross-texel-jantan.html).

 

4. Domba Texel Fullblood Asli

100% Fullblood Texel merupakan produk domba Texel terbaik. Harga Texel sekitar 50.000.000 baik untuk pria maupun wanita. Semua kelebihan bawaan domba Texel terletak di dalam tubuhnya. Pemesanan terlebih dahulu diperlukan untuk impor langsung dari peternakan Afrika.

 

Kami menawarkan konsultasi gratis untuk mendiskusikan kebutuhan pertanian Anda. Pelayanan kami dijamin terbaik dan kami akan membantu anda sampai tujuan dengan selamat. Demikianlah informasi lengkap mengenai Ciri-ciri, Ciri-ciri, Sejarah, Cara Perawatan, dan Harga Domba Texel di Indonesia Tahun Ini.

 

#dombatexel #texel #domba #dombatexeljantan #dombatexelbetina #dombatexelbunting #dombabunting

Comments

Popular posts from this blog

PT Unicon Precast Concrete Jawa Tengah, Mitra Terpercaya untuk Kebutuhan Pagar Beton dan Uditch

Perbedaan antara Umroh dan Haji